- Silahkan memahami berbagai tugas yang akan kami berikan di Besut Kode 2017 ini pada sub bab diatas.
- Isi form sesuai dengan data yang sesungguhnya dan jangan lupa untuk centang peretujuan syarat dan ketentuan Besut Kode 2017 yang berlaku. Untuk isi form silahkan klik tombol ikuti kompetisi.
- Pemaketan
- Pemaketan adalah proses memaketkan perangkat lunak dari kode sumber ke sebuah paket yang dapat didistribusikan dan dipasang oleh pengguna perangkat lunak tersebut.
- CI/Docker
- CI atau Continuous Integration adalah sebuah perangkat lunak yang dipakai dalam proses pengembangan lunak untuk mengotomatiskan pengujian untuk setiap perubahan yang terjadi. Docker adalah salah satu sistem kontainer Linux yang sangat populer dan memudahkan tugas tim operator untuk mengirimkan perangkat lunak dari fase-fase kode, pengujian, dan produksi.
- Desain grafis
- Selain pemrograman, desain grafis adalah hal yang tidak kalah penting dalam pengembangan perangkat lunak. Desain grafis memfasilitasi pengguna dan pengembang untuk berinteraksi dengan perangkat lunak yang akan mereka gunakan/kembangkan.
- Data/Pemetaan
- Open Data dan Pemetaan yang terbuka mempunyai peran penting di zaman informasi ini. Mereka memberikan kebebasan bagi seluruh orang untuk menganalisis, membuktikan fakta, dan mengambilkan makna dari data dan peta yang terbuka tersebut. Dengan memberi kebebasan bagi orang untuk menambah dan memodifikasi data berdasarkan sumber publik yang terpercaya, dapat dipastikan bahwa data tidak dapat dipalsukan.
- Dokumentasi
- Dokumentasi merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak. Dokumentasi mencakup berbagai hal mulai dari catatan pengembang, cara pemakaian, sampai cara berkontribusi.
- Translasi
- Translasi membuat perangkat lunak dapat digunakan oleh pengguna-pengguna yang tidak mahir dalam berbahasa Inggris sehingga memperluas basis pengguna.
Catatan
Kompetisi ini sifatnya gratis dan tidak dipunggut biaya, hati-hati terhadap penipuan.