dipasang oleh kindo
di developer,developer

PMSD Robot Competition Mecbot 2016
Kompetisi telah berakhir

PMSD Robot Competition Mecbot 2016

Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Yogyakartra 5306

Mecbot Competition adalah lomba robot yang diselenggarakan oleh Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Yogyakarta. Tema yang diangkat pada kompetisi ini adalah "Battle Of Roro Jonggrang". Meknisme lomba line follower kali ini berbeda pada umumnya, karena kami ingin para generasi muda bisa megembangkan kemampuan, kreativitas dan softskill yang sangat berguna dalam memajukan teknologi terutama untuk memajukan teknologi Indonesia.

0
Perhatian! Di kompetisi ini, Kompetisi Id hanya berlaku sebagai Media Publikasi. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai kompetisi ini silahkan sampaikan langsung ke kontak yang tersedia tab kontak.

Peraturan Kompetisi

Sebelum mengikuti kompetisi ini, wajib untuk membaca dan mentaati setiap peraturan yang berlaku

Tema :

"Battle of Roro Jonggrang"

 

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran :

1. Primary ( TK, SD, SMP / Sederajat )

Pendaftaran Online

  • Mengisi formulir online, klik tombol "ikuti kompetisi".
  • Scan Kartu Pelajar / KTP Pendamping.
  • Scan foto berwarna ukuran 3x4 cm. 
  • Scan bukti pembayaran.
  • File di kirim melalui email [email protected], dengan Subject "nama team".

Pendaftaran Offline

2. Secondary ( SMP, SMA, SMK / Sederajat )

Pendaftaran Online

  • Mengisi formulir online, klik tombol "ikuti kompetisi".
  • Scan Kartu Pelajar.
  • Scan foto berwarna ukuran 3x4 cm. 
  • Scan bukti pembayaran.
  • File di kirim melalui email [email protected], dengan Subject "nama team".

Pendaftaran Offline

 

Peraturan Game 

Tim merah dan tim biru akan saling berhadapan dalam pertandingan memperebutkan CANDI yang terdapat pada CANDI STORAGE dan menempatkannya pada ISLAND. Tim pertama yang dapat menempatkan 5 CANDI pada ISLAND dan sesuai dengan warna timnya dalam satu garis lurus, dianggap sebagai victory. Jika kedua tim tidak bisa mencapai victory, maka tim yang paling banyak mendapatkan point dengan sa dalam rentang waktu 3 menit akan menjadi pemenang.

 

Tim Robot :

  • Tim Primary
    • terdiri dari siswa SD
  • Tim Secondary
    • merupakan siswa dari SMP/SMA/SMK 

tim terdiri dari 2 (dua) peserta yang berasal dari satu sekolah yang sama dan 1 (satu) orang pembimbing.

 

Sistem Pertandingan :

  • Sistem pertandingan dilakukan dengan sistem kompetisi pada babak penyisihan.
  • Babak perempat final, Semi final dan Final dilakukan dengan sistem gugur (Knock Down System).
  • Waktu pertandingan 3 (tiga) menit . Diberikan waktu maxsimum 1(satu) menit kepada tim robot untuk setting robot atau mepersiapkan robotnya di posisi Start, sebelum pertandingan berlangsung.
  • Dua Tim akan berhadapan (Start di tempat masing-masing), untuk merebutkan
  • Point dengan meletakkan candi pada island dengan sah.
  • Tim di perbolehkan meletakkan/ menyusun lebih dari satu candi di dalam island.
  • Tim di perbolehkan menyusun candi pada island yang sudah terisi oleh candi.
  • Saat pertandingan, robot di perbolehkan mengubah posisi warna atas candi (merah menjadi biru / biru menjadi merah), selama candi tidak berada didalam island.
  • Robot berjalan dengan dikontrol oleh operator melalui remote kontrol.

 

Spesifikasi Robot :

  • Setiap tim hanya diperbolehkan menggunakan 1 robot untuk bertanding dilapangan.
  • Robot diperkenankan menggunakan robot hasil rakitan sendiri atau menggunakan kit robot seperti LEGO, Tamiya, dll. Jenis kontroler Robot bersifat bebas, baik programming(mikro) maupun non programming(analog).
  • Besar tegangan yang digunakan di rangkaian elektronik dan motor robot dibatasi maksimum adalah 13 Volt.
  • Robot Manual dioperasikan atau dijalan oleh salah satu anggota tim, yang bertugas sebagai Operator Robot.
  • Robot Manual dioperasikan menggunakan remote control melalui nirkabel (infrared, wirelles, dll.) atau menggunakan kabel, dengan panjang kabel maxsimal 3000 mm.
  • Dimensi robot maxsimal 400 mm (s) x 400 mm (s) x 400 mm (t).
  • Saat start dimensi robot maxsimal 300 mm (s) x 300 mm (s) x 400 mm (t).
  • Robot tidak boleh mempunyai bagian yang bisa merusak lapangan.

 

Spesifikasi Lapangan :

  • Lapangan pertandingan berukuran 5000 mm (P) x 5000 mm (L).
  • Alas lapangan terbuat dari MMT( spanduk/ banner)
  • Lapangan pertandingan terdiri 3(tiga) bagian, yaitu : candi storage, island dan start zone.
  • Start Zone :
    • Start Zone berukuran 300 mm x 300 mm. terdiri dari 2 (bagian) yaitu start tim merah dan start tim biru.
    • Terdapat warna pada start zone, warna merah untuk tim Merah dan warna biru untuk tim Biru.
  • Candi :
    • ?Candi berbentuk silinder pejal dengan ukuran diameter 100 mm, tinggi 50 mm, berat 50g. terbuat dari sterofoam yang dilapisi cat warna merah dan biru.
    • Pada candi storage terdapat 12 candi dengan warna atas merah dan 12 candi dengan warna atas biru.
  • Island :

    • ??Berupa lingkaran berwarna hitam dengan diameter 150 mm.

    • Pada lapangan terdapat 17 island.

 

Sistem Penilaian :

  • Tim memperoleh nilai dengan meletakkan candi pada island yang terdapat pada lapangan dengan sah (tidak melakukan pelanggaran).
  • Point didapatkan dari warna candi paling atas yang diletakkan pada island
  • Candi dinyatakan masuk dalam island (sah) dan mendapatkan point jika seluruh bagian candi telah masuk dalam lingkaran island dan tidak ada bagian candi yang menyentuh garis lingakaran island dan tidak ada bagian robot yang menyentuh candi.
  • Island dengan warna (merah atau biru) mempunyai nilai 1 point. Point diberikan kepada tim yang mempunyai warna candi paling atas di island.
  • Robot atau Operator robot mengeluarkan candi tim lawan dari island (candi yang telah berada didalam island) mendapatkan point -1.

 

Retry / mengulang start :

  • Retry dilakukan pada Tim yang melakukan pelanggaran atau penalti saat pertandingan berlangsung.
  • Retry dilakukan atas permintaan dari Tim dan mendapat persetujuan dari wasit lapangan atau keputusan wasit terhadap Tim robot yang melakukan pelanggaran / penalty di lapangan saat pertandingan berlangsung, dengan tujuan untuk memperbaiki robot yang error atau memperbaiki strategi saat pertandingan.
  • Permintaan Retry di lakukan dengan menggangkat berdera Putih oleh salah 1 (satu) anggota tim.
  • Permintaan Retry di setujui jika :
    • Robot error atau tidak bejalan.
    • Akan atau telah Terjadi Tabrakan antar robot dan tim meminta izin untuk retry.
    • Robot yang di Retry harus di bawa keluar lapangan dan segera dikembalikan kearea start setelah siap kembali. Tidak di izinkan memperbaiki robot di dalam lapangan.
    • Permintaan untuk retry tidak di batasi.

 

Penentuan Pemenang :

  • Pemenang ditentukan berdasarkan perolehan point terbanyak yang dikumpulkan oleh tim dalam suatu pertandingan.
  • Point total atau point akhir dari Tim didapat dari penjumlahan point yang diperoleh robot.
  • Tim dinyatakan menang mutlak atau “ VICTORY”, jika telah menempatkan 5 CANDI pada ISLAND dan sesuai dengan warna timnya dalam satu garis lurus. Dan pertandingan akan dihentikan.
  • Tim yang mempunyai perolehan point yang sama, pemenang di tentukan berdasarkan waktu tercepat dalam mendapatkan point terakhir yang diperoleh.
  • Jika robot kedua Tim tidak dapat berjalan, pemenang ditentukan berdasarkan kesepakatan kedua tim dan juri.

 

Diskualifikasi :

Peserta akan diskualifikasi jika melanggar hal-hal sebgai berikut :

  • Robot Tidak memenuhi spesifikasi seperti yang diterangkan pada rule.
  • Anggota tim tidak patuh pada arahan wasit dan atau juri.
  • Robot atau operator robot manual dengan sengaja merusak robot lawan.
  • Robot atau operator robot manual dengan sengaja merusak lapangan robot.

 

Lampiran :

Berikut adalah gambar-gambar yang menjelaskan desain dari istilah-istlah yang dijelaskan di rules.
 

Lapangan pertandingan
Island
Candi Storage
Start Zone
Posisi Candi


Kunjungi website kompetisi
mecbot 2016sanata dharmarobot competition

Rp 16 jutatotal hadiah

5306kunjungan

7 tahun laluDeadline (10 Desember 2016)

7 tahun laluPengumuman (20 Desember 2016)


Kompetisi ini bersifat

Garansi
Media Partner


alert.. !
Kompetisi.id Logo Loader
Klik di mana saja untuk keluar